pakai masker

Tips Agar Kacamata Tidak Berembun Saat Pakai Masker

Pakai masker adalah salah satu protokol kesehatan yang wajib diterapkan, khususnya saat kita berada di luar rumah. Menggunakan makser terbukti efektif untuk memfilter mikroba yang bersifat aerosol di udara. Pilihlah masker yang ramah lingkungan dan sudah lolos uji BFE di ambang batas 60 persen, sesuai dengan ketentuan masker Standar Nasional Indonesia.

Namun sayangnya, penggunaan masker ternyata cukup meresahkan bagi mereka yang menggunakan kacamata. Karena itu membuat kacamata menjadi cepat berembun dan mengganggu kacamata. Lalu, bagaimana cara agar kacamata tidak berembut saat memakai masker?

Berikut adalah tips dan tricksnya, yang dirangkum dari health.detik.com

Tips Agar Kacamata Tidak Berembun Saat Pakai Masker

Gunakan sabun dan air

Sebuah studi 2011, Annals of The Royal College of Surgeons of England dalam sebuah jurnal medis, menemukan bahwa dokter yang kacamatanya berembun saat mengenakan masker bedah mampu menyelesaikan masalah ini dengan mencucinya menggunakan sabun sebelum operasi.

Sebelum mengenakan masker ke wajah, cuci terlebih dahulu kacamata dengan sabun dan air, lalu biarkan kacamata mengering atau bisa dikeringkan dengan menggunakan tisu yang lembut.

Semprotan anti debu

Seperti halnya sabun dan air, semprotan ini dirancang untuk menjaga kondensasi yang menempel pada lensa.

Baca juga: Perbedaan Rapid Test dan Swab Test

Namun, berhati-hatilah sebelum menyemprotkan bahan tersebut agar tidak mengenai mata. Jika mengenai mata, maka akan menyebabkan iritasi yang bisa mempengaruhi penglihatan.

Lipat bagian atas masker

Sebelum memakai masker, lipat ke dalam kira-kira 1 cm untuk bagian atas masker. Setelah itu kamu bisa tenang selama memakai masker dan tidak membuat kacamata berembun.

Gunakan tisu pada lapisan dalam

Satu lagi cara menghindari kacamata berembun ketika memakai masker. Sebelum masker dipasang, lipat tisu dan taruh di balik masker. Letakkan tisu pas di sanggahan hidung.

Pilihlah masker yang memiliki strip nose

Mengapa demikian? Kacamata yang berembun adalah hasil dari kumpulan uap air yang keluar dari nafas. Maka dari itu, pakailah masker yang memiliki strip nose, agar embusan napas tidak keluar melalui celah hidung dan pipi dan udaranya tidak terkumpul di ruang antara kacamata dan mata.

Masker kain Eonmask tipe Enhanced memiliki fitur strip nose, sehingga memungkinkan untuk menyesuaikan ukuran hidung dan pipi dengan masker kainnya. Kamu dapat membeli masker Eonmask Enhanced di sini. Follow IG @eonmask, agar kamu dapat terus update dengan Eonmask.

Scroll to top