Masker SNI Masker kain eonmask

Olahraga di Rumah yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Latihan fisik (olahraga) menjadi pilihan yang aman untuk menjawab masalah penurunan berat badan, karena risiko gangguan terhadap kesehatan relatif kecil, tapi memperoleh efek positif bagi tubuh. Di era pandemi Covid 19, olahraga di rumah adalah menjadi pilihan utama, karena keterbatasan ruang publik yang diakses untuk berolahraga.

Lemak yang tertimbun dalam tubuh disebabkan oleh energi dari asupan gizi yang tidak digunakan dalam aktivitas fisik. Selain itu, kalori yang masuk tidak seimbang dengan kalori yang dikeluarkan karena kurangnya aktivitas fisik (olahraga, misalnya olahraga di rumah).

Melansir WeightWorld dari CNNIndonesia.com, selain menjaga pola makan harian, rutin berolahraga juga sangat penting untuk memelihara kesehatan sekaligus meningkatkan imunitas. Terlebih bagi kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, olahraga memegang peranan utama agar proses menurunkan berat badan lebih membuahkan hasil.

Aerobik, salah satu cara olahraga di rumah untuk menurunkan berat badan.

Dalam jurnal Metode Pengaturan Berat Badan oleh Widiyanto, diet simbang, aktivitas fisik, pengobatan, dan operasi, disertai kemauan kuat dan dukungan orang-orang terdekat adalah kunci sukses merunkan berat badan. Namun, pada artikel ini, akan mengulas tentang aerobik sebagai salah satu cabang olahraga yang baik untuk menurunkan berat bada di rumah.

Baca juga: Protokol Cara Pakai Masker Kain yang Benar Menurut WHO

Dikutip dari alodokter.com Latihan aerobik atau kardio adalah beberapa bentuk aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan denyut jantung selama durasi tertentu. Aerobik bermanfaat dalam meningkatkan aliran oksigen ke otot dan jantung. Semakin banyak oksigen yang masuk, maka tubuh menjadi semakin sehat.

Selain untuk mengurangi berat badan, latihan aerobik yang dilakukan secara teratur, terukur, dan terprogram akan membawa banyak manfaat, lho. Berikut adalah manfaat dari senam aeroribik yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Latihan aerobik menurunkan penyakit jantung.
  2. Latihan aerobik dapat menunkan tekanan darah pada tingkatan yang wajar.
  3. Dapat meningkatkan oksidasi lemak tubuh.
  4. Menurunkan depresi dan kecemasan.
  5. Mengurangi risiko penyakit tulang, penyakit jantung, tekanan darah, dan juga mengurangi kadar lemak tubuh.

Melakukan senam aerobik dengan tepat di rumah

Tahu gak sih, kalau penelitian membuktikan bahwa aerobik yang dilakukan dalam durasi panjang tapi jarang, lebih sedikit manfaatnya dibandingkan dengan aerobik yang dilakukan dalam durasi sedikit api sering, lho.

Nah, di bawah ini adalah beberapa rangkaian gerakan aktivitas aerobik yang dikutip dari alodokter.com, yang bisa banget kamu lakukan sendiri di rumah, lho.

Rocket jump

Gerakan yang ini, dimulai dari berdiri agak bungkuk dengan kedua kaki dibuka sedikit, kemudian tekuk lutut sedikit. Lalu, tempatkan kedua telapak tangan pada kedua paha. Selanjutnya, melompat dengan tangan lurus ke atas, serta meluruskan kaki. Mendaratlah dengan pelan. Kemudian, posisikan tubuh kembali pada posisi sebelum melompat. Lakukan dua set dengan pengulangan sebanyak 15-25 kali.

Baca juga: Aturan Pakai Masker Kain Yang Benar Agar Terhindar Penyakit

Squat jump                                                         

Squat jump dapat diawali dengan berdiri yang tegap, kencangkan perut, serta luruskan punggung. Berjongkoklah dengan mendorong bokong ke belakang seperti akan duduk dan punggung masih lurus seperti membentuk sudut 45 derajat. Setelah itu, lengan berada pada kanan kiri lutut. Lompatlah dengan tinggi, seraya merentangkan tangan ke kanan dan kiri dan kaki terbuka lebar. Mendaratlah dengan ringan dengan posisi kembali membungkuk dan tangan berada pada sisi kiri kanan lutut. Lakukan dua rangkaian masing-masing dengan 15-25 kali.

Squat

Olahraga di rumah

Lakukan squat dengan membuka kedua kaki sejajar bahu, rentangkan kedua tangan ke depan dan rendahkan paha serta bokong hingga mencapai posisi seperti orang duduk di kursi, dengan posisi paha yang sejajar lantai. Jaga agar punggung tetap lurus membentuk sudut 45 derajat, kedua tangan lurus ke depan. Ulangi gerakan-gerakan tersebut sebanyak 15-25 kali.

Burpee

Dari posisi berdiri, ambil posisi jongkok dengan kedua tangan memegang lantai.- Kemudian luruskan kedua kaki ke belakang dengan kedua tangan tetap di lantai, hingga membentuk posisi push-up.- Dengan cepat, kembali ke posisi jongkok tanpa mengubah posisi tangan, lalu berdirilah dengan kedua tangan meraih ke atas. Ulangi gerakan ini sebanyak 15-25 kali.

Jika kamu ada kebutuhan untuk olahraga di luar rumah, seperti bersepeda, kamu dapat melindungi diri kamu dengan masker kain Eonmask. Karena, masker kain Eonmask dirancang sebagai masker yang tidak mudah pengap dan sesak. Tapi, jika kamu berolahraga di rumah dan hanya kamu sendirian, kamu boleh untuk tidak memakai masker.

Dapatkan masker kain Eonmask di Shopee atau di Tokopedia. Follow @eonmask di Instagram, biar kamu semakin update dengan kami.

Baca juga: Apakah Vaksin Sinovac Aman?

Scroll to top