Masker kain eonmask

Diperpanjang sampai 8 Februari 2021, Apa Saja Peraturan PPKM?

Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali, berlangsung 11-25 Januari 2021 dan diperpanjang sampai 8 Februari 2021. Dinukil dari covid19.go.id, PPKM diberlakukan untuk menekan kasus Covid-19 di Indonesia. Perpajangan PPKM berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelaksaan PPKM sebelumnya yang berlangsung pada 11-25 Januari 2021 yang telah dilaksanakan di 73 kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali.

Alasan PPKM diberlakukan

  1. Tingkat kematian di atas rata-rata nasional.
  2. Tingkat kesembuhan di bawah rata-rata nasional.
  3. Tingkat kasus aktif di atas rata-rata nasional.
  4. Bed Occupancy Rate (BOR) ICU dan ruang isolasi di atas parameter nasional (70%).

Peraturan PPKM

  1. Membatasi tempat/kerja perkantoran dengan work form home sebesar 75%.
  2. Melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara daring.
  3. Sektor esensial yang berkaitan dengan kebutuhan pokok dapat beroperasi 100%, dengan pengaturan jam operasional dan kapasitas.
  4. Kegiatan restoran (makan/minum di tempat) sebesar 25% dan untuk layanan makanan melalui pesan-antar sesuai jam operasional restoran.
  5. Pembatasan jam operasional untuk pusat perbelanjaan/mal sampai dengan pukul 20.00.
  6. Mengizinkan kegiatan konstruksi 100% dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.
  7. Kegiatan di tempat ibadah dibatasi kapasistasnya 50%.
  8. Kegiatan fasilitas umum dan sosial budaya dihentikan sementara.
  9. Pengaturan kapasitas dan jam operasional untuk transportasi umum.

Menerapkan 3M

Setidaknya ada 3 hal yang dapat dilakukan untuk terhindar dari virus Covid-19, yaitu:

  1. Mencuci tangan
  2. Menjaga jarak menghindari kerumunan.
  3. Memakai masker.

Menjaga kebersihan menjadi faktor utama memutus rantai pesebaran virus Covid-19, karena virus corona terbukti akan mati jika terpapar sabun dan air mengalir. Protein-protein pada virus Covid 19 akan terurai jika terkena busa sabun, dan air yang mengalir akan menghilangkan sisa busa sabun yang membawa berbagai kotoran dan virus dari tangan atau area tubuh lainnya.

Menjaga jarak dan menghindari kerumunan pula adalah faktor utama yang lain untuk memutus rantai pesebaran Covid 19, karena pada saat berjaga jarak dengan orang lain, itu memungkinkan tubuh kita akan terbebas dari area aerosol virus Covid-19 yang dikeluarkan oleh orang lain, melalui droplet. Sebaiknya berada di ruang terbuka agar semakin meminimalisir pesebaran virusnya.

Masker kain eonmask
Memakai masker kain saat work from office.

Selalu Pakai Masker Jika Berada di Luar Rumah

Meskipun PPKM berlangsung, namun terkadang tidak serta-merta menghilangkan aktivitas di luar rumah, seperti berbelanja untuk kebutuhan rumah tangga, atau hal-hal penting lainnya yang mengharuskan untuk keluar rumah.

Disiplin menggunakan masker adalah solusinya. Gunakan masker yang benar dan tepat, agar fungsi utama masker tetap terjaga, yaitu melindungi mikroba yang berada di udara (aerosol) masuk ke dalam paru-paru manusia.

Pakailah masker yang dapat menutupi area hidung dan mulut, bukan dipakai untuk menutupi dagu. Selain itu, pilihlah masker dengan nyaman dan aman digunakan agar kamu merasa betah untuk terus menggunakan masker, seperti masker kain Eonmask.

Baca artikel lainnya: 5 Cara Membantu Stres Pada Anak Selama Pandemi Covid 19

Eonmask memiliki 2 jenis masker kain, yaitu masker Economical yang terdiri dari 2 ply dan juga masker Enhanced yang terdiri dari 3 ply. Lapisan dalam Eonmask terbuat dari 100% katun. Ada banyak spesifikasi masker Eonmask yang dapat kamu baca di sini, untuk lebih lengkapnya di sini.

Penggunaan masker kain lebih baik daripada masker sekali pakai. Hal ini dikarenakan dengan memakai masker kain yang dapat dicuci dan dipakai berkali-kali lebih ramah lingkungan, daripada masker sekali pakai yang berpotensi untuk menambah masalah baru di lingkungan.

Kamu dapat miliki Eonmask dengan membelinya di sini.

Scroll to top