Pakai Masker Kain

Aturan Pakai Masker Kain Yang Benar Agar Terhindar Penyakit

EONMASK, Jakarta – Masker berfungsi untuk memfilter udara yang masuk ke dalam paru-paru. Jika kamu ingin maksimal dalam memfilter udara yang masuk ke dalam paru-paru, maka kamu harus memenuhi aturan pakai masker, agar terhindar dari penyakit. Memakai masker tidak boleh sembarangan, lho. Karena, salah dalam menggunakan masker akan berisiko fatal untuk kamu dan orang-orang di sekelilingmu.

Pilihlah masker kain yang memiliki tingkat Bacterial Filtration Efficiency (BFE) minimal di ambang batas 60%. Ini didasari oleh peraturan masker yang berstandar nasional. Selain itu, pilih juga masker kain yang memiliki 2 atau 3 lapis kain, dan salah satu lapisannya tersusun dari kain katun.

Masker Eonmask telah diuji coba BFE di Bureau Veritas. Hasil penelitian tersebut adalah bahwa masker Eonmask memiliki tingkat BFE di ambang batas >98%, yang artinya masker Eonmask setara dengan masker tipe 2R.


Jangan Pakai Masker Kain Asal-Asalan

Tahukah kamu bahwa jika orang yang terkena 1 persen tetesan (droplet) yang mengandung virus Covid 19, maka itu bisa saja menyebabkan orang lain terinfeksi Covid 19. Oleh karenanya, masyarakat selalu diimbau untuk memakai masker ke mana pun pergi dan di mana pun aktivitasnya di ruang publik.

Primayahospital.com menyebutkan bahwa penggunaan masker kain dipakai tidak boleh dari 4 jam per hari. Setelah 4 jam dipakai, masker harus dilepas dan diganti dengan masker yang baru. Hal itu dikarenakan, material kain lebih mudah ditembus virus, khususnya virus Covid 19.

Baca artikel sebelumnya tentang sejarah masker di sini.

Cara Pakai Masker Kain yang Benar

Ini dia berbagai peraturan cara memakai masker kain yang benar dan tepat, agar fungsi dan efektivitas masker kain tetap terjaga.

  1. Masker kain dapat menutup hidung dan mulut
  2. Ukuran masker pas di wajah, yaitu pas dari ujung pipi bagian atas ke dagu, dan dari pipi bagian kiri ke kanan.
  3. Masker kain dipakai selama 4 jam, jika lebih dari itu, masker harus diganti dengan yang baru.
  4. Pakailah masker yang bersih, agar area wajah yang tertutup masker tidak menjadi sarang bakteri, kuman, virus, atau mikroorganisme lainnya. Hal itu membahayakan bagi manusia, tentunya.
  5. Sering menyentuh masker, akan memungkinkan penyebaran mikroorganisme antara jari dan lapisan luar pada masker semakin berkembang. Lapisan luar pada masker menyimpan berbagai kotoran dan mikroorganisme yang tak kasat mata, namun berpotensi akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

aturan pakai masker_eonmak1

Cara Mencuci Masker kain yang Benar

Telah disebutkan oleh alodokter.com tentang berbagai cara mencuci masker yang benar. Berikut adalah tahapannya:

  1. Rendam masker kain dengan air panas

Siapkan terlebih dahulu wadah berisi air panas dengan suhu kira-kira 50–60°C. Air panas ini berfungsi untuk membunuh kuman penyakit yang menempel pada kain.

Tambahkan detergen pada wadah dan rendam masker kain selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, kucek masker kain secara perlahan hingga kotorannya hilang. Bilas masker dengan air mengalir.

  1. Bilas masker dengan air mengalir

Setelah direndam dan dikucek bersih, bilaslah masker kain di bawah air mengalir. Pastikan sudah tidak ada busa atau sisa-sisa detergen di masker.  Disarankan untuk tidak mengucek terlalu keras sebab bisa membuat kain rusak.

  1. Keringkan masker kain

Jika masker kain sudah bersih dari busa detergen, kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung hingga kering. Sinar matahari dapat membunuh sisa-sisa mikroorganisme jahat yang mungkin masih menempel pada masker kain.

  1. Setrika masker kain

Masker perlu disetrika dengan suhu panas terlebih dahulu agar tidak ada lagi kuman, bakteri, atau virus yang menempel pada permukaan kain. Setelah disetrika, barulah masker kain yang sudah bersih dan rapi ini siap kamu kenakan.

Memakai masker kain ternyata dapat menjaga bumi dari pencemaran lingkungan. Masker yang sekali pakai memicu luapan limbah yang tak terkontrol. Baca informasi masker kain dapat mencegah bumi dari pencemaran lingkungan di sini. Follow IG @eonmask, yuk. Agar kamu tetap update dengan informasi dari kami.

Scroll to top