Vakcin sinovac

Apa itu Virus Covid Varian B.1.1.7 UK?

Belakangan ini, muncul isu baru tentang varian virus Covid 19, nih. Namanya adalah Covid-19 varian B.1.1.7. Info beredar bahwa penyebaran virus ini lebih cepat dibandingkan dengan Covid 19. Tidak terbayangkan, jika penyebaran Covid 19 saja sudah secepat ini, bagaimana dengan varian virus yang baru?

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, mutasi virus corona dari Inggris atau varian B.1.1.7 UK sudah masuk ke Indonesia. Pemerintah menemukan dua kasus varian baru di Indonesia, pada Senin (1/2/2021).

Sebagai informasi, dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah telah memeriksa 462 kasus. Hasilnya, ditemukan dua kasus mutasi virus corona. Virus ini adalah mutasi dari virus Covid 19.

Apa itu mutasi virus B.1.1.7?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Primaya Hospital Tangerang, dr Haryanto Utama SpPD menjelaskan bahwa Covid-19 varian B.1.1.7 UK yang muncul di Indonesia, telah mengalami mutasi secara struktur.

Penamaan ‘B’ pada varian baru B.1.1.7 berarti British dan angka 117 adalah kode jenis virus Covid-19 yang ada di British (UK). Penamaan itu sendiri terdaftar dalam Gisaid.com.

Pakai Masker Kain

Cara penyebaran Covid-19 varian B.1.1.7 UK

Penyebaran Covid-19 varian B.1.1.7 UK ini memiliki tingkat transmisi yang lebih tinggi, hingga sebesar 70 persen dari Covid-19 sebelumnya yang belum termutasi. Karakterisik virus ini lebih mudah menempel pada sel inang dan menginfeksinya, dibandingkan dengan virus Covid-19. Virus Covid-19 varian B.1.1.7 UK tidak lebih berbahaya dan tingkat penyebarannya dapat dikatakan sangat tinggi.

Akibat menjadi kekhawatiran banyak orang, maka kita juga perlu mengetahui bagaimana cara penyebaran varian baru virus Covid-19 yang dianggap lebih cepat menyebar ini.

  1. Melalui Menghirup percikan ludah atau droplet dari pasien saat batuk atau bersin.
  2. Kontak erat dengan orang. Kontak erat dengan yang sudah terinfeksi (bersentuhan, berjabat tangan, dan berbicara dengan jarak dekat tanpa menggunakan masker).
  3. Kontak dengan benda. Kontak erat dengan benda-benda yang terkontaminasi virus dan menyentuh area hidung, mata, dan mulut tanpa cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.

Baca Juga: Berbagai Sejarah Tentang Penggunaan Masker di Dunia

Pencegahan penularan Covid 19 varian B.1.1.7 UK

Memakai Masker Dua Lapis

Merangkap masker sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko infeksi, apalagi setelah mengetahui bahwa corona B.1.1.7 UK lebih mudah tersebar dibanding dengan virus sebelumnya.

Rutin Mencuci Tangan dengan Alkohol atau sabun

Salah satu cara mengantisipasi penyebaran virus adalah dengan rutin mencuci tangan. Mencuci tangan dapat dilakukan saat melepas masker dan sebelum menyentuh bagian krusial di area kepala seperti mata, hidung, dan juga mulut.

Vaksinasi

Sejauh ini vaksinasi menjadi cara antisipasi virus, tubuh memerlukan stimulan dari luar untuk meningkatkan kekebalan. Orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah akan lebih mudah terpapar virus dari luar.

Baca juga: Aturan Pakai Masker Kain Yang Benar Agar Terhindar Penyakit

Benar-Benar Menerapkan Social Distancing

Keluar rumah hanya benar-benar kebutuhan mendesak, untuk meminimalisir penularan virus Covid 19 yang bersifat aerosol.

Pakai masker kain Eonmask dalam segala aktivitas di luar rumah untuk melindungi kamu dan keluarga dari berbagai penyakit di udara. Masker kain Eonmask memiliki berbagai ukuran dan motif. Belilah masker kain di sini, dan temukan masker favorit kamu.

Beli masker kain Eonmask di sini.

Scroll to top